Kamis, 15 Desember 2011

contoh paragraf


1.       Paragraph analog
     Pada zaman penjajahan, bangsa ndonesia bagaikan boneka mainan. Boneka yang dikendalikan oleh para penjajah demi kepentingan mereka sendiri. Mereka mengontrol semua dikerjakan oleh bangsa Indonesia. Jika bangsa Indonesia tidak patuh dan tidak mengikuti perintah, maka akan dibunuh dan dibuang seperti boneka rusak. Sungguh malang nasib bangsa idonesia saat itu.

2.       Paragraph analisis
Setiap tahun di Jakarta selalu terjadi banjir. Ketinggian air bisa mencapai 2 meter.adapun factor-faktor yang menyebabkan banjir. Seperti, kurang sadarnya masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya dan banyak bangunan yang didirikan di pinggir sungai. Selain itu, sedikitnya daerah resapan air juga bisa dijadikan sebagai factor penyebab banjir. Jika factor tersebut dibiarkan, maka dapat menyebabkan banjir ataupun banjir bandang.

3.       Paragraph definisi luas
Drum merupakan salah satu alat musik. Cara memainkannya degan dipukul menggunakan tongkat berukuran kecil yang disebut stick. Drum terbuat dari kayu yang berbentuk tabung yang berlubang. Bagian atas dilapisi oleh kulit sapi atau kulit domba. Semakin rapat kulit dipasang, maka semakin nyaring bunyi yang dihasilkan. Alat ini biasanya digunakan untuk memeriahkan suatu parade dan bisa juga digunakan untuk mengiringi musik.

4.       Paragraph contoh
Buah-buahan sangat baik untuk tubuh. Hal itu dikarenakan di dalam buah-buahan terkandung banyak zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Misalnya, buah apel. Buah ini mengandung anti oksidan yang berguna membuang racun dalam tubuh. Selain itu, buah apel mengandung vitamin C yang sangat dibutuhkan untuk membentuk Antibody. Vitamin C juga sangat dibutuhkan agar kulit menjadi halus. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk memakan buah-buahan setiap hari.  



by : Chika (imago-perfect)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar