Senin, 28 Mei 2012

SEJARAH PENEMUAN dan PERKEMBANGAN SEL


Penelitia tentang sel dimulai sejak abad ke-17. Pada tahun 166, seorang ahli fisika dan matematika berkebangsaan inggris, Robert hooke meneliti irisan tipis gabus kulit pohon quercus suber menggunakan microscop sederhana rancangannya sendiri. Dari penelitiannya, ia menemukan ruang-ruang kecil kosong berdinding tebal dan tersusun seperti sanrang lebah. Kemudian, Robert hooke menyebut penemuannya sebagi sel. 


Pada tahun 1674, Anthony van leeuwenhoek telah berhasil membuat lensa-lensa mikroskop terbaik yang dapat digunakan untuk melihat jasad renik bersel tunggal. Dia berhasil menunukkan pertama kali kepada dunia bahwa adakehidupan lain yang belum pernah dilihat oleh manusia. Dan Anthony van leeuwenhoek idanggap sebgai orang pertama yang menemukan mikroskop.

Pada tahun 1809, ean babtiste Lamarck seorang ilmuwan berkebangsaan perancis menulis bahwa “ setiap badan hidup adalah suatu kumpulan sel-sel dan disetiap sel terdapat cairan bergerak yang kompleks”. Tulisannya ini dtidak mendapatkan banayk pendukung karena tidak disertai fakta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar