Sabtu, 26 November 2011

PIDATO (HARI IBU)



Assalamu’alaikum wr. wb.

Yang terhormat Menteri pemberdaya Wanita
Yang terhormat Menteri kesehatan
dan ibu-ibu yang saya muliakan
Marilah kita bersyukur atas kehadirat allah SWT,karena dengan rahmat-Nya lah kita semua bias hadir dalam acara untuk memperingati hari anak nasional dalam keadaan sehat wal-afiat.tidak lupa,s alawat dan salamt semoga tercurahka kepada junjunagn kita, Nabi besar Muhammad SAW yang telah menuntun kita dari jalan yang gelap menuju jalan yang terang.
Ucapan terima kasih saya sampaika kepada pihak yang terlibat dalam penyelenggaran  acara pada pagi hari ini. Ucapan terima kasih juga tidak lupa saya sampaikan kepada para hadirin yang berkenan untuk hadir dalam acara ntuk memperingati hari ibu pada pagi hari ini.
Pada kesempaytan kali ini, saya akan menyampaikan pidato dengan topic “Ibu sebagai Penyuluh Kegiatan”.


Haridin yang berbahagia.

Ibu, perempuan luar biasa yang menjadi tolak ukur kerukunan dan keharmonisan suatu keluarga memiliki peran yang sangat sentral. Yakni menjadi istri bagi seorang suami dan menjadi ibu bagi anaknya. Ibu yang juga istri berperan membangun karakter sebuah keluarga seperti membangun edukasi moral dan edukasi kesehatan melalui kebiasaan-kebiasaan yang diajarkan sedak anak masih kecil. Misalnya, mencuci tangan dengan sabun sebelum makan dan menyikat gigi sebelum tidur.

Telah menjadi keinginan setiap ibu bagi anak-anaknya tumbuh sehat, bebas dari sakit dengan memperkecil factor penyebab penyakit. Tapi, walaupun ibu berusaha semaksimal mungkin meminimalisir factor penyebab penyakit dalam rumah tangganya, factor extrinsic mustahil dihindari, seperti mikroorganisme pathogen yang berupa virus, bakteri, parasit dan jamur yang banyak di alam.

Hadirin yang berbahagia.

Intensnya kontaka dengan hewan peliharaan dapat menjadi perantara dalam penyebaran penyakit. Kita ambil conth penyakit flu burung yang amat cepat menular dari unggas yang sakit ke manusia melalu udara merupakan penyakit hewan menular dan sangat mematikan.

Menurut pasal 1 ayat 35 undang-undang Republik Indonesia nomor 18 tahun 2009 tentang peternakan dan kesehatan hewan, penyakit hewan menular adalah penyakit yang ditularka dari hewan ke manusia, antara hewan dengan hewan serta hewan dan mendia pembawa penyakit hewan lainnya melalui kontak langsung atau tidak langsung.

Oleh karena itu, ibu harus bisa menjaga keluarganya agar terhindar dari penyakit dan bisa membiasakan keluarga hidup sehat. Salah satu caranya adalah dengan memberikan edukasi tentang zoonasi kepada ibu agar bisa diterapkan di lingkungan keluarga. Hal itu bertujuan agar ibu bisa menerapkan tindakan-tindakan preventive sehingga dapat meminimalisasi penularannya.

Hadirin yangdimuliakan oleh Allah SWT

Sekian pidato yang saya sampaikan. Semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat bagi kita. Kurang lebihnya saya mohon maaf.

Wassalamu’alikum wr. wb

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar